Manfaat Puasa Untuk Metabolisme Tubuh

Berpuasa di bulan ramadhan adalah suatu yang diwajibkan bagi umat muslim. Selain bernilai ibadah ternyata berpuasa mempunyai manfaat lain dari segi medis. Tidak hanya bagi orang sehat berpuasa juga bermanfaat bagi orang yang mempunyai penyakit tertentu. Mari kita bahas lebih dalam apa Manfaat Puasa Untuk Metabolisme Tubuh.

Puasa bagi orang islam adalah menahan diri dari makan dan minum serta perbuatan yang dapat membatalkan puasa, mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim.

Berikut ini Manfaat Puasa Untuk Metabolisme Tubuh
1. Proses detoksifikasi
Detoksifikasi adalah proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Racun-racun yang ada dalam tubuh Memang harus dibersihkan dan dikeluarkan untuk mendapatkan fungsi yang lebih optimal. Racun racun dalam tubuh berasal dari makanan yang tidak sehat yang masuk kedalam tubuh seperti fast food dan juga dari polusi baik pencemaran udara dan air.

Diawal puasa tingkat gula darah kita akan menurun detak jantung melambat dan tekanan darah menurun. Tubuh akan mengambil glikogen dari sel otot sehingga menyebabkan rasa lemah. bahkan pada sebagian orang ada yang merasa pusing, lemas bau mulut dan rasa lapar yang berat.

2. Menjaga kesehatan pencernaan
Pencernaan akan mendapatkan waktu untuk merevitalisasi dan meningkatkan fungsinya selama kita berpuasa. Organ-organ pencernaan akan beristirahat namun fungsi fisiologinya tetap berjalan, terutama fungsi sekresinya. Keadaan seperti ini dapat memberikan dampak positif bagi orang dengan gangguan pencernaan seperti sembelit, maag maupun perut kembung.

3. Meningkatkan pembakaran lemak
Ketika persediaan lemak di dalam darah habis maka ketosis atau pemecahan lemak akan akan dimulai untuk mendapatkan cadangan energi. pembakaran lemak ini juga dapat menurunkan berat badan selama berpuasa.

4. Menurunkan tekanan darah
Puasa bermanfaat bagi penderita hipertensi atau darah tinggi. Dengan berpuasa juga bermanfaat untuk mencegah arterosklerosis ( gangguan sumbatan pembuluh darah akibat lemak di dalam darah) karena simapanan glukosa dan lemak dalam darah benar benar digunakan secara maksimal untuk menghasilkan energi.

5. Menurunkan gula darah dalam tubuh
Selama berpuasa tubuh kita akan memaksa melakukan pemecahan glukosa untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan.

6. Menjaga berat badan.

Dengan terbakarnya lemak dan glukosa dalam darah otomatis akan menurunkan berat badan kita selama berpuasa. Untuk itu ketika berbuka kita harus bijak dalam memasukan makanan kedalam tubuh kita. Konsumsilah makanan berserat dan hindari gorengan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *